Remaja 12 tahun Asal Indonesia Masuk Nominasi Grammy Award, Siapa Dia?

15th December 2015 , 03:12 AM

Remaja 12 tahun Asal Indonesia Masuk Nominasi Grammy Award, Siapa Dia? | Fiskal.co.id

Sumber Foto: majalah touch

Musisi jazz asal Indonesia Joey Alexander, menjadi salah satu musisi termuda yang pernah dinominasikan untuk penghargaan Grammy Award. Tidak hanya masuk kedalam satu kategori nominasi, Joey masuk dalam dua nominasi yakni ' Best Jazz Instrumental Album' (My Favorite Things) dan Best Improvised Jazz Solo (untuk lagu Giant Steps dalam album My Favorite Things). 

 

Penghargaan Grammy ke-58 akan diselenggarakan pada 15 Februari 2016 di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Akan diberikan penghargaan kepada para pemenang 83 kategori dari berbagai aliran musik, termasuk jazz, pop, rock, RnB, country dan alternatif.

 

Nama-nama besar yang bersaing dalam pencalonan peraih Grammy kali ini termasuk Taylor Swift, Kendrick Lamar, Ed Sheeran, Kelly Clarkson, Maroon 5, Nicky Minaj, Ricky Martin, Bjork, Ellie Goulding dan John Legend.

 

Joey sendiri, melalui album pertamanya, 'My Favorite Things', berhasil memasuki pasar musik internasional. Sejak dirilis pada bulan mei 2015, album tersebut berhasil bertengger pada urutan ke-174 tangga lagu Billboard 200. Selain itu, albumnya juga menerima telah menerima 4,9 dari 5 rating di Amazon, berdasarkan 130 ulasan.

 

Joey disebut-sebut sebagai salah satu talenta Jazz paling menjanjikan yang muncul dalam kurun waktu yang lama.

 

Di awal karirnya, sang maestro kelahiran Bali ini pernah tampil bersama legenda jazz Herbie Hancock di sebuah acara di Jakarta saat usianya belum genap 8 tahun. Dua tahun kemudian, sang maestro cilik ini diundang untuk tampil di Big Apple oleh Wynton Marsalis, direktur Jazz di New York Lincoln Center. 

 

Marsalis sangat mengagumi bakat Joey dan mengaku telah menjadi salah satu penggemarnya. "Tidak pernah ada orang yang dapat Anda pikirkan yang bisa bermain seperti itu di usianya. Aku mencintai segala sesuatu tentang bermain - ritmenya, kepercayaan dirinya, pemahamannya tentang musik," puji Marsalis. Ia menambahkan, Joey sudah memiliki daftar penggemar, termasuk lengenda musik Jazz Herbie Hancock.

 

Jika Joey berhasil menang, ia akan menjadi orang termuda yang pernah memenangkan Grammy. Saat ini, Lee Ann Rimes menjadi orang termuda yang memenangkan Grammy setelah memenangkan dua Grammy ketika ia berusia 14 tahun. *** kny ( assian corresponden)