Pandangan Menteri Darmin Soal Tax Amnesty

21st December 2015 , 11:12 AM

Pandangan Menteri Darmin Soal Tax Amnesty | Fiskal.co.id

Sumber Foto: antara

Selaku seseorang yang pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pajak, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, mengungkapkan pandangannya terkait rencana Direktorat Jenderal Pajak yang akan menerapkan kebijakan Tax Amnesty. 

 

Darmin mengatakan, Tax amnesty adalah kebijakan yang cukup baik untuk diterapkan. Namun, menurutnya hal pertama kali yang perlu dilakukan DJP dan Kementerian Keuangan adalah melakukan pembenahan administrasi perpajakan, salah satunya melalui sistem informasi untuk pemeriksaan pajak.

 

Ia bercerita, saat menjabat sebagai Dirjen Pajak dirinya dianggap sukses karena berhasil memenuhi target pajak, namun ia sendiri merasa gagal karena tak berhasil menyelesaikan masalah klasik dunia perpajakan yakni sistem informasi pajak. 

 

"Saya bekas Dirjen Pajak, yang dalam satu hal rasanya saya berhasil. Tapi saya tidak pernah bisa membuat IT untuk pemeriksaan," kata Darmin mengawali kisahnya, saat berbincang dengan wartawan di Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu.

 

Darmin menambahkan, ia pernah mencoba membangun jembatan sistem informasi antara DJP dengan Bank Dunia dan sudah mendapatkan kesepahaman. Namun upaya tersebut terhenti ditengah jalam dan  gagal karena tak mendapatkan restu dari DPR. 

 

"Akhirnya bisa dibawa ke DPR, dan dimaki-maki, kenapa urusan penerimaan saja harus pakai Bank Dunia?" ungkapnya.

 

"Kalau pakai Bank Dunia sudah dapat. Akhirnya gagal lagi, karena apa? Dibubarkan ama mereka (DPR) itu perjanjian (DJP-Bank Dunia)," Kenang Darmin. **** kny (kompas)