Wasekjen AFI: Cukup Akhiri Drama Bom Sarinah, Indonesia Aman Ekonomi Stabil

14th January 2016 , 10:01 AM

Wasekjen AFI: Cukup Akhiri Drama Bom Sarinah, Indonesia Aman Ekonomi Stabil | Fiskal.co.id

Sumber Foto: wsj.com

Wakil Sekjen Asosiasi Fiskal Indonesia (AFI), Budi Gunawan Sutomo mengajak masyarakat untuk tidak terus larut dalam kepanikan pasca terjadinya ledakan bom di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Rabu (14/1/2016). Menurutnya situasi republik sudah terkendali sepenuhnya setelah polisi berhasil membekuk semua pelaku terror.

 

“Ya semua mengutuk aksi teror ini. Tapi kita tetap harus menjaga citra aman negara di mata internasional, jangan panik terus. Indonesia aman, ekonomi stabil, tandas Budi saat ditemui di kantornya MNC Tower yang tak jauh dari lokasi ledakan.

 

Ditambahkannya semua pihak harus mendukung dan mempercayakan masalah ini kepada pemerintah dan aparat keamanan. Karena itu, sambung Budi, stop spekulasi dan pertengkaran terkait motif, pelaku ataupun isu turunan dari bom sarinah.

 

“Terutama para pelaku ekonomi tetap solid mendukung paket kebijakan ekonomi pemerintah. Demikian pula masyarakat tak perlu takut mendatangi pusat-pusat perbelanjaan karena sudah aman terkendali semuanya,” imbuhnya.

 

Menurut Budi teror kali ini lebih “bersifat ekonomi” dibanding agama. Hal ini dibuktikan dengan beredarnya pesan berantai mengenai banyaknya mal dan gerai brand tertentu yang menjadi sasaran teror. Padahal sambungnya, itu hanyalah isu yang menambah kepanikan, yang “memang sengaja” ditujukan bukan hanya kepada masyarakat tapi juga investor lokal maupun asing untuk merusak iklim investasi.  

 

Meski demikian ia enggan berspekulasi lebih jauh  dan berharap gejolak ini hanya berlalu sementara. Sehingga seluruh komponen bangsa tetap solid dan kembali kerja, kerja, kerja demi Republik Indonesia tercinta. [yoga]