Di Bandara Ini, Wajib Bayar Pajak di Konter Check-In

17th January 2016 , 11:01 AM

Di Bandara Ini, Wajib Bayar Pajak di Konter Check-In | Fiskal.co.id

Sumber Foto: kanalsatu

Mulai senin 19 Januari 2016, Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan memberlakukan sistem pembayaran pajak masuk bandara atau Passenger Service Charge (PSC) saat penumpang melakukan check-in di konter masing-masing maskapai.

 

Menurut Plt Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, kebijakan ini dilakukan sebagai bentuk pemanasan sebelum kebijakan yang asli diberlakukan oleh pemerintah. 

 

Sesuai dengan surat edaran dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu. Pemerintah baru akan menerapkan penyatuan tiket dengan PSC (PSC on ticket) awal bulan Maret 2016 mendatang.

 

”Ketentuan PSC on ticket itu akan berlaku mulai 1 Maret, nah menjelang itu kita sudah sepakati akan dimulai sistem pembayaran PSC di konter check-in khusus di Bandara Hang Nadim Batam ini” kata Suwarno di Bandara beberapa waktu lalu. 

 

Suwarno menambahkan, kebijakan ini keluar setelah pengelola Bandara Hang Nadim mengadakan dua kali pertemuan dengan pihak maskapai yang memiliki Jadwal penerbangan ke Batam. 

 

Dilain pihak, maskapai penerbangan yang melakukan penerbangan ke Bandara Hang Nadim mengaku tidak keberatan dengan kebijakan penyatuan tiket dengan PSC. " Siap gak siap ya harus siap, karena ini sudah diputuskan. Meskipun di internal kami agak ribet, tapi kita akan ikuti ketentuan yang memang akan berlaku mulai Senin nanti,” tutur Zaini Bire, Station Manager Lion Air Batam.

 

Dengan kebijakan ini artinya penumpang yang melakukan check-in selain mendapatkan boarding pass juga akan sekalian mendapatkan bukti pembayaran PSC yang ditempel di belakang boarding pass usai membayar. Dengan begitu, ketika akan memasuki ruang tunggu keberangkatan penumpang tak perlu lagi membayar. 

 

Saat ini askapai yang telah menerapkan penyatuan tiket dengan PSC (PSC on ticket) adalah maskapai Citilink dan Garuda Indonesia. *** kny (indopos)