Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi Dijatuhi Hukuman Mati

17th May 2015 , 08:05 AM

Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi Dijatuhi Hukuman Mati | Fiskal.co.id

Sumber Foto: islam.ru

Dianggap terlalu banyak menimbulkan sensasi, Pengadilan Kejahatan Kairo, Mesir, menjatuhkan hukuman mati terhadap bekas Presiden Muhammad Mursi dan 105 pendukung kelompok Ikhwanul Muslimin terkait kasus melarikan diri dari penjara secara massal pada 2011.

 

Selain masalah melarikan diri dari penjara, Kasus spionase juga telah membuat Mursi dan 35 pendukungnya didakwa telah berkonspirasi dengan kekuatan asing, yakni kelompok Islam Palestina Hamas, gerakan Hizbullah Libanon, dan Pengawal Revolusi Iran. Konspirasi yang dilakukan itu, menurut dakwaan jaksa, menyebabkan Mesir tidak stabil.

 

Tak hanya Mursi, pengadilan Kairo juga menuntut hukuman mati terhadap ketua Ikhwanul Muslimin Khairat el-Shater dan 15 orang lain dalam kasus bersekongkol dengan kelompok militan asing Hamas dan Hezbollah untuk melawan Mesir.

 

Namun, Mursi dkk, masih dapat melakukan banding karena keputusan pengadilan kairo Sabtu,16/5/2015 masih akan diserahkan kepada Mufti Agung untuk mendapatkan pertimbangan sesuai dengan hukum Mesir. Mursi bisa saja menang jika saat banding nanti ia mengatakan pengadilan ini tidak sah dan menggambarkan proses hukum terhadapnya merupakan bagian dari kudeta yang dilakukan oleh mantan kepala staf militer Abdel Fattah al-Sisi pada 2013.

 

Menurut salah seorang ulama berpengaruh yang berbasis di Qatar, termasuk sebagai terdakwa yang dituntut hukuman mati di Mesir ini.Sheikh Youssef al-Qaradami mengatakan, hukuman mati tersebut cacat hukum.

 

“Mereka tidak bisa melaksanakannya karena hal itu bertentangan dengan hukum Allah, bertentangan dengan hukum masyarakat. Saya mengenal masyarakat dan moralnya. Tidak ada yang menerima ini,” ujar Sheikh Youssef dalam pernyataan di televisi. *** kinaya (tempo,cnn)