Samsung Janjikan Investasi Besar Jika Pemerintah India Berikan Insentif Pajak

22nd May 2015 , 02:05 AM

Samsung Janjikan Investasi Besar Jika Pemerintah India Berikan Insentif Pajak | Fiskal.co.id

Sumber Foto: jagat review.com

Samsung Electronics berniat melakukan investasi besar-besaran di India, jika pemeritah India mau memberikan sejumlah insentif pajak kepada perusahaan asal Korea Selatan tersebut. President Bidang Kerjasama Eksternal Samsung Park Sang- Jin pada Rabu, 20/5/2015 mengungkapkan, pihaknya kini tengah berdiskusi dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, agar pemerintah India mau memberikan keringanan dan pembebasan pajak atas bahan impor untuk smartphone dan perangkat khusus.

 

"Kami menunjukkan kepada Perdana Menteri Modi bahwa kami ini adalah wajib pajak terbesar kedua di negara itu. Dan kami selalu taat dalam membayar pajak . Samsung melihat adanya penurunan permintaan untuk smartphone di Tiongkok. Tapi dengan tingkat penetrasi yang masih rendah di India, membuat pasar India cukup menarik bagi Samsung," ujar Park seperti dilansir Korea Times.

 

Park menambahkan, jika pemerintah India mau memberikan keringanan pajak kepada Samsung, tak hanya investasi saja yang didapatkan. Samsung juga akan membantu India untuk mewujudkan pembangunan kota pintar atau Smart City yang telah lama digadang-gadang oleh pemerintah India.

 

Keringanan pajak ini, di diminta oleh Samsung karena pemerintah India mengenakan pajak preferensial pada produk Samsung. Hal jnj dinilai sangat membebani perusahaan. Samsung sebenarnya telah mengoperasikan pabrik handset di kawasan Noida dan Chennai , India sejak tahun 1995 dan 2007. Namun sejak beberapa bahan baku yang tersedia di India tidak mencapai nominal target yang diharapkan, Samsung berusaha untuk mengimpor bahan baku. 

 

Karena meng-impor bahan baku dari luar negeri inilah, pemerintah india menerapkan pajak tambahan terhadap produk jadi Samsung. Yang mana saat ini pihak Samsung tengah meminta untuk diberikan keringanan atas hal tersebut.