Australia Dikritik Terkait Pajak Pembalut dan Tampon

27th May 2015 , 04:05 AM

Australia Dikritik Terkait Pajak Pembalut dan Tampon | Fiskal.co.id

Sumber Foto: google

Menteri Perbendaharaan Negara Australia, Joe Hockey mengatakan akan mendukung ide penghapusan pajak barang konsumsi (GST) bagi produk-produk sanitasi seperti pembalut dan tampon, setelah seorang mahasiswi membuat petisi online. Petisi online ini dibuat oleh Mahasiswa di Sydney, Subeta Vimalarajah, sekitar satu bulan yang lalu dan mendapatakan 90.000 tandatangan. 

 

Dalam petisi tersebut, Subeta meminta pemerintah untuk menghentikan pajak bagi alat-alat perlengkapan tubuh khusus wanita. Tidak seperti produk kondom dan tabir surya, pembalut di Australia dikenai Pajak Barang dan Jasa (GST) sebesar 10%.

 

"Di sisi lain, produk seperti kondom, cairan pelumas, tabir surya dan tampal nikotin dibebaskan dari pajak hanya karena mereka dikategorikan sebagai produk yang penting bagi kesehatan. "Tapi bukankah produk sanitasi terkait kesehatan reproduksi dan kebersihan yang digunakan lebih dari 10 juta orang Australia juga penting?" tulis Subeta dalam petisinya.

 

Menanggapi petisi ini, Hockey mengatakan akan melobi pemerintah. "Saya akan melobi pemerintah negara bagian dan teritori untuk membebaskan barang-barang tersebut (dari pajak)," kata Hockey, seperti dikutip ABC news, selasa, 26/5/2015. 

 

Hockey juga berjanji akan membawa isu ini ke para menteri perbendaharaan negara bagian, dengan mengatakan dia memerlukan kesepakatan mitra di negara bagian untuk memasukan produk kebersihan dalam daftar benda yang dikecualikan.

 

Jika jadi dilakukan maka tampaknya keputusan ini tidak akan mendapatkan halangan di parlemen karena baik Partai Oposisi maupun Partai Hijau telah menyuarakan dukungan mereka untuk mengangkat GST dari produk sanitasi. Hanya saja, Perdana Menteri Tony Abbott sepertinya mengabaikan upaya Hockey. Dia memahami mengapa banyak orang ingin meniadakan pajak. "Itu tentu bukan sesuatu yang pemerintah ingin lakukan," katanya. *** kinaya (jpnn,tempo)