Australia Tawarkan Keringanan Pajak Bagi para Inovator

8th December 2015 , 03:12 AM

Australia Tawarkan Keringanan Pajak Bagi para Inovator | Fiskal.co.id

Sumber Foto: gizmodo

Pemerintah Australia akan memperkenalkan visa pengusaha dan menawarkan keringanan pajak bagi para pengusaha inovatif. Keringanan pajak ini diberikan kepada para investor yang sedang dalam tahap awal memulai bisnis. Mereka akan diberikan 20% potongan pajak berdasarkan nilai investasi serta pembebasan pajak atas capital gain.

 

Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull mengatakan, Inisiatif yang dikenal sebagai Inovasi dan Sains Agenda Nasional ini merupakan terobosan untuk menggerakkan perekonomian dan menjauhkan ketergantungan-nya Australia terhadap sektor pertambangan.

 

Sebagaimana diketahui, sektor pertambangan telah menyumbang hampir 10 persen dari ekonomi Australia dan negara kanguru ini sangat tergantung pada penjualan bijih besi dan batu bara ke Tiongkok, mitra dagang terbesar-nya. Namun anjloknya harga komoditas dan Penurunan permintaan dari Tiongkok telah membuat ekspor menurun drastis.

 

Australia pun mengalami defisit. Ekonomi menurun hingga ke angka A$4.14 miliar (£ 2 miliar) awal tahun ini, sebelum terus menyempit ke A$3,3 miliar pada awal bulan ini. Tak terpuruk pada perekonomian yang beberapa waktu belakangan semakin merosot Australia pun memperkenalkan visa pengusaha yang disertai dengan insentif pajak untuk para inovator.

 

Seperti yang dilaporkan dari Telegraph, Senin (7/12), Visa pengusaha yang disertai dengan keringanan pajak ini diutamakan untuk start-up teknologi dan sains. Para siswa akan didorong untuk belajar coding dan komputasi. Pemerintah Australia juga akan menyiapkan dana inovasi sebesar Aus$ 200 juta di badan sains nasional, CSIRO, untuk membantu perusahaan-perusahaan yang baru.

 

"Semakin berkualitas tinggi, efektif, pengusaha akan semakin produktif. Kami dapat menarik pekerjaan," kata Turnbull. ***kny (telegrap)