Hongkong Masuki Masa Senja, Pemerintah pun Naikkan Pajak dan Retribusi

4th January 2016 , 11:01 AM

Hongkong Masuki Masa Senja, Pemerintah pun Naikkan Pajak dan Retribusi | Fiskal.co.id

Sumber Foto: scopnest

Hongkong memasuki masa senja karena banyaknya populasi lansia di negara tersebut. Untu menjaga produktivitas dalam negeri dan menjaga kestabilan ekonomi pemerintah Hongkong pun mememutuskan untuk menaikkan pajak dan memperkenalkan jenis retribusi baru.

 

"Menghadapi celah fiskal karena populasi tua, menaikkan pajak menjadi tak terelakkan," ujar Sekretaris Jasa Keuangan dan Perbendaharaan K.C. Chan dalam blognya yang dikutip Bloomberg, Minggu (3/1/2016).

 

Chan mengatakan, keputusan ini diambil menyusul belanja publik yang terus meningkat akibat pertambahan populasi lanjut usia. Keputusan ini juga diambil usai dirinya dan pemerintah melakukan konsultasi publik per semester bulan lalu untuk mengidentifikasi upaya peningkatan perlindungan manula di

 

Chan menambahkan, Hong Kong saat ini tengah menghadapi populasi menua dan perlambatan ekonomi, sedangkan situasi keuangan pemerintah masih sehat dalam jangka pendek dan menengah.

 

Namun untuk jangka panjang paling tidak dalam kurun waktu 10 tahun kedepan, defisit struktural mungkin saja terjadi apalagi jika pertumbuhan belanja pemerintah Hongkong berlanjut melebihi pertumbuhan produk domestik bruto dan pendapatan.

 

Sedangkan dalam jangka waktu 30 tahun kedepan defisit fiskal akan semakin melebar. Karena, berdasarkan estimasi Chan anggaran belanja sosial dan kesehatan akan meningkat 2-3 kali lipat dari level saat ini. , dengan asumsi populasi 65 tahun ke atas akan meningkat dua kali lipat dan tidak ada subsidi serta manfaat baru yang ditambahkan selama periode itu. *** kny (bisnis)