Darmin Nasution, Mantan Dirjen Pajak Penggagas Paket Ekonomi

15th October 2015 , 12:10 PM

Darmin Nasution, Mantan Dirjen Pajak Penggagas Paket Ekonomi | Fiskal.co.id

Sumber Foto: Berita Satu

Nama Darmin Nasution memang bukan sesuatu yang asing bagi dunia ekonomi dan keuangan Indonesia. Kiprahnya di dunia ekonomi dan keuangan Indonesia sudah sejak lama mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Pria kelahiran Tapanuli, 21 Desember 1948 ini pertama kali masuk dunia geo politik ekonomi dan keuangan tanah air, saat dipercaya menjabat sebagai Direktur Jenderal Lembaga Keuangan (sebelum digabung menjadi Bapepam-LK) pada masa pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (periode 2000-2005).

Darmin juga pernah menjadi Ketua Bapepam dan Lembaga Keuangan selama satu tahun (2005-2006), sebelum akhirnya ditunjuk sebagai  Direktur Jendral Pajak periode 2006-2009. Saat menjabat sebagai Dirjen Pajak, Darmin pernah mengeluarkan kebijakan pajak yang sangat krusial yang dikenal sebagai sunset policy. Kebijakan ini merupakan penghapusan sanksi administrasi bagi wajib pajak yang diterapkan guna meningkatkan pendapatan negara pada tahun 2008 melalui tarif umum tanpa adanya denda dan pemeriksaan. Karena kebijakannya ini, pendapatan pajak berhasil mencapai target setelah selama hampir 10 tahun tak pernah mencapai target.

Usai kegemilangannya dalam memimpin Dirjen pajak, Pria yang mendapatkan gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Paris, Sorbonne, Perancis, 1986, ini kemudian diangkat sebagai Deputi  Gubernur Senior Bank Indonesia untuk periode 2009-2014 menggantikan Miranda Goeltom. Posisi Darmin berubah jadi Pejabat Sementara Gubernur Bank Indonesia setelah Boediono mengundurkan diri lantaran maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono.

Sampai saat ini Darmin yang memiliki seorang Istri bernama Salsia Ulfa Sahabi Manoppo, kelahiran Boolang Mongondow, Sulawesi Utara dan dikaruniai 2 orang putra dan 4 orang cucu ini masih tercatat sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sekaligus Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI). Darmin kembali disorot media setelah dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Koordinator Ekonomi menggantikan Sofyan Djalil. Sama seperti saat menjabat sebagai Dirjen Pajak, Darmin juga mengeluarkan kebijakan krusial untuk membenahi ekonomi indonesia yang mengalami pelemahan dan mengangkat nilai tukar Rupiah yang terus terpuruk, dengan mengeluarkan paket kebijakan ekonomi Jilid I, II,III dan IV.

Biodata :

Nama               : Darmin Nasution.

Tempat lahir    : Tapanuli, 21 Desember 1948

Pendidikan       : S3 Paris-Sorbonne University (Paris I).

                        S2 Paris-Sorbonne University (Paris I).

                        S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.