Yayan Ruhiyan, Cameo Star Wars Yang Dinantikan Dunia

8th January 2016 , 02:01 PM

Yayan Ruhiyan, Cameo Star Wars Yang Dinantikan Dunia | Fiskal.co.id

Sumber Foto: muvilla.com

Yayan Ruhyan, Tokoh asli sunda satu ini sangat unik, bermain cameo dalam film Star Wars, namun walau hanya  cameo atau figuran, penampilannya sangat dinantikan masyarakat film dunia, di beberapa situs diskusi asing, orang orang asing bertanya dan berharap durasi Yayan di film Star Wars tidak sekedar figuran saja. Walau akhirnya Yayan hanya mampir, namun diberikan peran signifikan dan line dialog dengan lagenda Star Wars, Harrison Ford.

Yayan Ruhiyan pun menjadi buah bibir di kalangan pecinta dan penikmat film di Tanah Air. Pria kelahiran Tasikmalaya-Jawa Barat-19 Oktober 1968 (47 tahun) adalah seorang Guru pencak silat sekaligus aktor film. Nama Yayan, begitu sapaan akrab Yayan Ruhiyan, mulai terkenal dan dikenal publik pada tahun 2009 saat ia menjadi koreografer pada film laga bertajuk MERANTAU.

 

Namanya menjadi semakin terkenal sejak berperan sebagai Mad Dog di film garapan Gareth Evans yang berjudul "The Raid" (2012). Di film laga tersebut, Yayan menjadi tangan kanan dan algojo brutal dari Tama Riyadi (Ray Sahetapy) yang memiliki keahlian silat tinggi.

 

Dalam kehidupan nyatanya, Yayan memang berhubungan erat dengan dunia pencak silat. Sejak tahun 1988ia dikenal sebagai pelatih di salah satu perguruan pencak silat bernama, Pencak Silat Tenaga Dasar atau biasa disebut PSTD Indonesia. PTSD sendiri merupakan salah satu dari enam perguruan besar pencak silat di Indonesia .

 

Selama masa menjabat sebagai pelatih PTSD, yayan seringkali melakukan perjalanan secara teratur untuk mengajar di berbagai tempat baik di dalam maupun luar negeri. Ia bersama timnya, pernah tampil di Festival des Arts Martiaux de Paris Bercy di Institude Judo, di Paris, Prancis untuk menampilkan Silek Minang (seni bela diri dari Minang, Sumatera).

 

Setelah namanya dikenal karena film THE RAID, pada 2014 Yayan kembali lagi bermain pada sekuelnya, THE RAID 2: BERANDAL. Dia berperan sebagai Prakoso, seorang algojo dan tukang pukul.

 

Keahliannya dalam melakoni seni bela diri, serta kualitas akting yang baik membuat Yayan di tawari untuk bermain di Film Hollywood yang sangat terkenal dan legendaris yakni Star Wars Episode VII: The Force Awakens.

 

Dalam Film Star Wars Yayan memerankan Tasu Leech, pemimpin dari organisasi kriminal Kanjiklub Gang yang beroperasi sekitar tiga puluh tahun setelah Pertempuran Endor. Dia bermain bersama Iko Uwais sebagai Razoo Qin-Fee dan Cecep Arif Rahman sebagai Crokind Sand. Dan setelah film Star Wars tersebut Yayan juga ditawari bermain dalam dua film fiksi ilmiah Hollywood lain, Beyond Skyline, dan Foxtrot Six. Laris manis.*** kny (wikipedia)