Emil Akan Jadikan Bandung "Silicon Valey" nya Indonesia

Emil Akan Jadikan Bandung "Silicon Valey" nya Indonesia
Bandung Daily Photo - Agus Wahyudi - Taman Lansia

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sejak lama dikenal dengan gagasan Bandung Kota Kreatif, dan menggagas beberapa gelaran festival, kini memandang bahwa sudah waktunya kota Bandung menjadi lebih digital dan layak huni.

Pria 43 tahun yang juga arsitek didikan AS ini mengatakan bahwa dirnya mewakili generasi muda yang membentuk lebih dari setengah kota dan ia ingin membuat suatu "gelaran" lain di mana ruang publik akan disulap memudahkan generasi muda untuk semakin kreatif.

"Saya ingin membuat masyarakat Bandung paling bahagia di Indonesia," katanya. Seraya menambahkan bahwa pada 2017, Bandung menjadi kota yang paling layak huni di Indonesia.

Akan halnya Emil panggilan pria ini akan menghadapi banyak tantangan dalam kota 2,5 juta yang secara bertahap menjadi kota "pembuangan limbah" Jakarta - termasuk kota kemacetan, kota polusi dan kota sampah konsumsi.

Emil akan halnya berhasil meningkatkan peringkat Bandung pada indeks livability nasional pada posisi ketujuh sejak ia terpilih sebagai walikota.

Pria yang diusung oleh koalisi yang uniknya menolak Pilkada langsung, yakni Gerindra dan PKS ini berharap bisa mendorong transportasi publik yang lebih baik, termasuk mobil trem dan monorail (yang dalam pengembangan) dan program berbagi sepeda, yang pertama dari jenisnya di Indonesia.

Untuk menarik para pemuda kembali ke masjid di kota itu, masjid pun ditanam WiFi gratis.

Terinspirasi oleh Highline di New York, Emil saat ini sedang mengembangkan skywalk, dan telah bekerja untuk membangun pusat-pusat kreatif di beberapa daerah kumuh.

Emil jelas
bukan walikota tradisional, dia adalah salah satu dari segelintir politisi pemula yang mencoba untuk menggoyang oligarki yang sekedar memotong pita merah dengan caranya yang inovatif untuk memodernisasi kota di Indonesia.

Emil sebelum diangkat menjadi walikota dikenal sebagai "pembisik" Joko "Jokowi" Widodo saat menjadi Walikota Solo dan Tri Rismaharini yang saat ini menjabat Walikota Surabaya, utamanya dalam hal tata kota yang ramah penduduknya.

Saat ini dirinya bermimpi bisa menciptakan Silicon Valley versi Indonesia, sebuah kota di California AS yang berfokus pada teknologi dan dijuluki sebagai "Technopolis.

Resep Emil mencapainya adalah transparansi, yang tentu saja diharapkan bisa menarik investasi dari perusahaan-perusahaan teknologi dan industri kreatif. Dia juga membangun pusat komando "yang dirancang seperti sebuah kokpit Star Trek," yang akan memantau operasi di kota itu, katanya.

Walau ada optimisme namun Emil tidak lupa mewanti wanti bahwa di era digital bukan hal hal yang serba wangi keluar. "Anda harus siap," Jelasnya.  "Pada jenis manusia media sosial, kadang mengagumimu, kadang-kadang memakimu juga." Pungkasnya.***Fy (sumber WSJ)