Kakak Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Hadiri Konser Eric Clapton di London

Kakak Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Hadiri Konser Eric Clapton di London
BBC.com

Kakak kandung dari Supreme Leader Korea Utara Kim Jong Un yakni Kim Jong Chol menghadiri konser musisi legendaris dunia Eric Clapton di Royal Albert Hall, London. Kedatangan Jong Chol ini menarik minat banyak orang tak terkeculai para wartawan. Karena sebagaimana diketahui, Korea Utara adalah sebuah negara tertutup untuk dunia luar. 

 

Jong Chol hadir dengan pengawalan beberapa bodyguardnya yamg berpakaian hitam. Seperti dilansir dari BBC, kepastian mengenai sosok Kim Jong Chol ini diperoleh dari Mike Madden, seorang yang meneliti geo-politik di Korea utara dan memiliki blog North Korea Leadership. Madden mengatakan sebelumnya, ia sempat mendapat informasi bahwa akan ada anggota keluarga Kim akan menghampiri negara Barat pada Mei ini.

 

Namun, saat ditanyai oleh para wartawan, Kim Jong Chol lebih memilih diam dan berlalu begitu saja. Sampai saat ini belum diketahui bagaimana Kim Jong Chol bisa bepergian ke luar negeri, apakah menggunakan visa diplomatik yang dikeluarkan oleh Korea Utara atau menggunakan paspor negara lain.

 

Sebagai informasi, Kim Jong Chol adalah kakak kandung dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Namun, Ayah mereka Kim Jong Il, lebih memilih Kim Jong Un untuk menjadi pemimpin korea dibandingkan Kakaknya. Menurut mantan koki sushi Kim Jong-il mengatakan, mantan pemimpin korea yang meninggal pada 2011 lalu tersebut, menganggap Kim Jong-chol “tidak pantas (menjadi pemimpin negara) karena seperti perempuan”.

 

Jong Chol terkesan kurang maskulin karena lebih menyukai musik dibandingkan politik dan peperangan. Ia bahkan merupakan penggemar fanatik Eric Clapton. Ia tak pernah absen untuk menghadiri konser Eric Clapton, sebelumnya di Jerman pada 2006 dan di Singapura pada tahun 2011 Kim Jong Chol juga pernah mengahadiri konser yang sama. ***kinaya