Kanwil Pajak Jateng II Siapkan Rutan Khusus Penunggak Pajak

Kanwil Pajak Jateng II Siapkan Rutan Khusus Penunggak Pajak
solopos.com

Jika Dinas Pajak Provinsi DKI Jakarta, memberikan efek jera kepada Wajib Pajak (WP) yang menunggak dengan memasang Plang pengumuman, maka Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP ) Jateng II, telah menyiapkan sebuah sel tahanan khusus bagi para penunggak pajak. 

 

“Kami punya wewenang untuk menyandera wajib pajak yang bandel. WP yang kami sandera akan dititipkan di rutan, sampai pajaknya dilunasi,” kata Kepala Kanwil DJP Jateng II Yoyok Satiotomo sebelum menyerahkan bantuan hibah 15 tong cat tembok ke rutan setempat, pekan lalu.

 

Sel tahanan adalah hasil kerjasama DJP dengan rutan kelas 1 Surakarta. Demi menseragamkan hukuman, DJP pun memerintahkan KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama di tiap kabupaten/ kota untuk menindaklanjuti kerja sama itu dengan masingmasing rutan di wilayah mereka.

 

Langkah seram ini diambil DJP karena pendekatan persuasif sebagai upaya menagih tunggakan pajak secara damai tidak berhasil, terutama untuk WP berskala besar. Tercatat sampai akhir Oktober 2014 tunggakan pajak di wilayah Jateng II senilai Rp 675, 2 miliar. Dan hampir di setiap daerah di wilayah kerja DJP Jateng II, terdapat 2-3 wajib pajak yang berpotensi dirutankan karena membandel.

 

" Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan aksi. Kami harap upaya sandera atau gitzeling ini akan membantu menyadarkan wajib pajak,” tegasnya. *** kinaya (suara merdeka)