Akhirnya Bendera Palestina Dikibarkan di PBB

Akhirnya Bendera Palestina Dikibarkan di PBB
antara

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akhirnya mengizinkan Palestina mengibarkan benderanya di markas besar badan dunia itu. Dalam voting di Sidang Majelis umum PBB, mayoritas negara-negara anggota PBB mendukung Palestina menjadi anggota PBB.

 

Seperti dilansir AFP , Jumat (11/9/2015), resolusi tersebut mengizinkan bendera Palestina dan juga bendera Vatikan, yang sama-sama berstatus sebagai negara pengamat non-anggota, untuk dikibarkan bersebelahan bersama bendera-bendera negara anggota PBB lainnya.

 

Dalam sidang tersebut, sebanyak 119 negara anggota PBB yang setuju bendera palestina berkibar di PBB sedangkan 8 negara lainnya menolak resolusi itu, termasuk Israel dan Amerika Serikat. Kemudian 45 negara anggota memutuskan abstain, termasuk Inggris, Jerman, Austria, Finlandia, Belanda.

 

Dengan disahkannya resolusi tersebut, Sekjen PBB akan diberi waktu 20 hari untuk melaksanakan amanat resolusi, yaitu mengibarkan bendera non-member observer state di Markas Besar dan kantor-kantor PBB lainnya, yang dalam hal ini adalah bendera Palestina dan Tahta Suci Vatikan sebagai dua negara dengan status peninjau di PBB.

 

Pengibaran bendera Palestina bersama-sama dengan negara-negara anggota PBB lainnya merupakan sejarah baru dan diharapkan dapat mendorong kearah pengakuan Palestina sebagai anggota penuh PBB.

 

"Ini merupakan hal simbolis, tapi langkah lain untuk memperkuat pilar-pilar negara Palestina di dunia internasional. Ini memberikan harapan kepada rakyat kami bahwa dunia internasional masih mendukung kemerdekaan negara Palestina. Situasi semakin suram, proses politik telah mati, Gaza seolah tercekik. Resolusi bendera ini seperti secercah cahaya kecil dari sebuah lilin untuk menjaga harapan tetap hidup bagi rakyat Palestina," ucap perwakilan Palestina untuk PBB, Riyad Mansour. *** kny (detik,AFP)