Indonesia Tunjuk Jackie Chan Jadi Duta Pariwisata di China

Indonesia Tunjuk Jackie Chan Jadi Duta Pariwisata di China
Jackie Chan bersama SBY, Detik

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kin menunjuk superstar dunia asal Hongkong Jackie Chan sebagai duta wisata Indonesia ke China untuk lebih meningkatkan jumlah wisatawan China bepergian ke Nusantara.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menjelaskan Kamis (31/07) bahwa pemerintah memutuskan untuk memilih Jackie yang terkenal dengan film Drunken Master itu karena popularitas si aktor, yang bahkan ikut mendapat julukan Si Chenlung oleh penonton Indonesia.

"Jackie Chan adalah bintang film paling populer di Asia, terutama di Hong Kong. Oleh karena itu, kami telah sepakat bahwa pengangkatannya akan membantu meningkatkan popularitas Indonesia di kalangan wisatawan Cina," jelas Sapta
sebagaimana dikutip dari The Jakarta Post.

Sapta mengatakan kementerian tidak mengalokasikan anggaran khusus untuk pengangkatannya sebagai itu adalah gelar kehormatan.

"Kita akan mengundangnya untuk menghadiri acara promosi, tapi  kita tidak mengalokasikan anggaran khusus untuk pengangkatannya," ungkap Sapta.

"Sebelumnya kita memberikan gelar kehormatan serupa dengan bintang Hollywood Richard Gere, yang jadi duta besar [pariwisata] untuk Amerika Serikat," lanjutnya.

Di AS Jackie Chan memang baru popular sejak box office hits, Rumble on The Bronkx, termasuk seri Rush Hour, dan Shanghai Noon. Namun di Indonesia popularitas Jackie Chan sudah terbangun sejak awal karirnya, semisal film trilogi Police Story.

Dalam penunjukan pertamanya secara resmi, Jackie Chan ditunjuk sebagai duta dalam acara China International Travelmart di Guangzhou, Cina, pada 30 Agustus.

Dalam acara tersebut, Chan yang juga sempat menelurkan album musik, akan menyanyikan lagu "Bengawan Solo" lagu di depan penonton lokal.***Fey (sumber Jakarta Post)