Rusia Usir Diplomat Jerman dan Polandia

Rusia Usir Diplomat Jerman dan Polandia
CNN

Hubungan Rusia - Eropa - Amerika terus memanas. Setelah insiden pundungnya Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin dari KTT G-20 karena tekanan yang terus menerus dari seterunya. Kini giliran Rusia menambah keruh keadaan dengan mengusir dua besar negara Eropa yakni Dubes Jerman dan Polandia. 

 

Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia seperti di kutip Xinhua mengatakan, Polandia melakukan tindakan tak bersahabat dengan Rusia. " Pemerintah Polandia melakukan tindakan tak bersahabat dan tanpa dasar ". kata Kementerian tersebut, senin,(17/11/2014).

 

“Terkait dengan itu, Rusia menindaklanjuti hal ini dan beberapa diplomat Polandia diminta meninggalkan Rusia karena melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan pekerjaan mereka.” lanjutnya. 

 

Pengusiran ini terjadi pada Jumat (14/11), dalam pengusiran tersebut pemerintah Rusia memberikan waktu 2x24 jam kepada para Diplomat untuk meninggalkan Rusia. Kemudian pada Sabtu, (15/11/2014), Rusia juga mengusir seorang Diplomat perempuan Jerman. Pengusiran ini juga dilakukan sebagai aksi pembalasan atas "tindakan tak bersahabat" yang tidak dijelaskan oleh Pemerintah Jerman terhadap seorang pejabat Rusia yang tak disebutkan jati dirinya di Bonn.

 

Meskipun sejumalah rumor beredar bahwa pengungsiran tersebut berhubungan erat dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier ke Rusia beberapa waktu lalu.

 

Akibat pengusiran ini hubungan antara Rusia dengan Polandia dan Jerman menegang, bahkan Polandia dan Rusia telah membatalkan acara pekan budaya bersama,yang dijadwalkan digelar pada 2015, bahkan pada Oktober lalu Polandia mencabut akreditasi buat seorang wartawan Rusia yang bekerja di Warsawa. *** kinaya (antara,CNN)