Sultan Ternate Wafat di Usia 80 Tahun

Sultan Ternate Wafat di Usia 80 Tahun
kppnternate

Pada Kamis (19/02), Sultan Ternate Mudaffar Sjah meninggal dunia. Sosok berusia 80 tahun ini juga adalah anggota DPD RI asal Provinsi Maluku Utara.

Hal ini disampaikan oleh Humas DPD lewat keterangan pers, "Innalilahi wa innailaihi rajiun, berita duka cita telah meninggal dunia Bapak Drs H Mudaffar Sjah, Msi."

Sultan Ternate ini meninggal dini hari di Rumah Sakit Pondok Indah karena memang sudah lama mengalami komplikasi penyakit. Rencananya, jenazah akan diterbangkan ke Ternate pada pukul 12.00 WIB.

Mudaffar lahir di Ternate, Maluku Utara, pada 13 April 1935. Ia merupakan sultan ke-48 dari Kesultanan Ternate yang juga merupakan anggota DPD tertua saat dilantik pada 30 September 2014.

Namanya sempat muncul ketika mendapat laporan dari sang permaisuri, Boki Ratu Nita Budhi Susanti, yang melaporkan bahwa ia diculik ke Polres Jakarta Selatan. Soal kisruh laporan penculikan itu sudah ditutup karena polisi tak bisa memproses kasus tersebut. Hal ini dikarenakan bahwa yang membawa pergi Sultan adalah pihak istri keempat sang Sultan.

Hal ini juga dikaitkan dengan konflik lama tentang perebutan tahta di bumi Ternate. Ramai diberitakan bahwa pewaris tahta Mudaffar menjadi sumber pertikaian.

Ketua DPD Irman Goesman mengucapkan belasungkawanya atas kejadian ini. "Innalillahi wa innailaihi rojiun telah meninggal dunia, Senator DPD RI prov Malut, H Mudaffarsyah dini hari td di RS Pdk Indah. Mohon doanya," tulis Irman dalam akun resmi Twitter-nya. ***intan (dari berbagai sumber)